Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pati

KPU PATI Perpanjang Pendaftaran Pasangan Calon

KPU PATI Perpanjang Pendaftaran Pasangan Calon

foto saat pleno penutupanKPU Pati melakukan perpanjangan pendaftaran pasangan calon, hal itu di karenakan sampai dengan batas akhir pendaftaran pasangan calon pada tanggal 23 September 2016  Pukul 24.00 WIB kemarin,  hanya terdapat satu pasangan calon yang didaftarkan oleh Gabungan Partai Politik ke KPU kabupaten Pati, ungkap Much nasich.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada masa pendaftaran pasangan calon yang dimulai pada tanggal 21 – 23 September 2016, hanya terdapat satu bakal pasangan calon yaitu H. Haryanto, SH, MM, M.Si dan Saiful Arifin yang didaftarkan oleh Gabungan Partai Politik; PDI-P, P. Gerindra, PKB, P.Demokrat, P. Golkar, P. Hanura, PKS dan PPP dengan total dukungan 46 kursi.

Sesuai ketentuan Pasal 54C ayat (1) huruf a UU No.10 Th 2016 dan Ketentuan Pasal 3 ayat (1) huruf a Peraturan KPU 14 tahun 2015, bahwa prosedur pemilihan 1 (satu) pasangan calon dilaksanakan dalam hal memenuhi kondisi setelah dilakukan penundaan dan sampai dengan berakhirnya masa perpanjangan pendaftaran, hanya terdapat 1 (satu) pasangan calon yang mendaftar dan berdasarkan hasil penelitian pasangan calon tersebut dinyatakan memenuhi syarat. Guna memenuhi prosedur yang tentukan oleh peraturan perundang-undangan tersebut maka KPU kabupaten pati melakukan penundaan pemilihan, terang Much Nasich.foto saat pleno penutupan 2

Hari ini (24/9/2016.red) kita melakukan pleno penundaan pemilihan dan selanjutnya akan dilakukan sosialisasi selama 3 hari yaitu tanggal 25 s/d 27 September 2016, setelah itu kita lanjutkan dengan perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pati Tahun 2017 paling lama 3 hari  yaitu tanggal 28 s/d  30 september 2016, ujar Much Nasich

Berdasarkan Ketentuan Pasal 4 ayat (1) Peraturan KPU No.4 Th 2015 KPU Pati melakukan perpanjangan pendaftaran, ujar much nasich menambahkan.

Jika sampai dengan batas akhir perpanjang pendaftaran itu masih terdapat satu pasangan calon maka pemilihan akan dilanjutkan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati  dengan 1 (satu) pasangan calon.

Info Terkait