• Mail uskab_pati@kpu.go.id
  • EventsUpcoming Events

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TEKNIS PENYELENGGARAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI / WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DENGAN 1 (SATU) PASANGAN CALON DI JAWA TENGAH

Kamis s/d Jumat, 24-25 September 2020 pukul 15:00 WIB s.d selesai, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Sragen, Ketua KPU Kabupaten Pati (Imbang Setiawan, SE) didampingi oleh Anggota KPU Kabupaten Pati Divisi Teknis Penyelenggaraan (Supriyanto, SH, MH) didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh KPU Kabupaten Sragen. Selain menghadirkan KPU Kabupaten Pati sebagai narasumber untuk membagi pengalamannya, kegiatan ini juga menghadirkan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah (Yulianto Sudrajat, S.Sos, M.I.Kom) dan Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan (Muslim Aisha, S.H.I).

Adapun peserta dalam FGD ini yaitu Ketua beserta seluruh Anggota KPU dan Sekretaris dari KPU Kabupaten Sragen, KPU Kabupaten Kebumen, KPU Kabupaten Wonosobo, KPU Kabupaten Boyolali, KPU Kabupaten Grobogan, dan KPU Kota Semarang yang tercatat sebagai KPU Kab/Kota dengan Satu Pasangan Calon pada Pilkada 2020 di Provinsi Jawa Tengah.

Maksud dan tujuan diadakannya FGD ini adalah dalam rangka memberikan informasi dan keseragaman petunjuk tentang teknis penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota dengan 1 (satu) Pasangan Calon di Jawa Tengah.

Dalam acara ini KPU Kabupaten Pati berbagi dan berdiskusi mengenai pengalaman-pengalaman KPU Kabupaten Pati dalam penyelenggaran Pilkada. Ketua KPU Kabupaten Pati memaparkan proses dan dinamika politik lokal yang terjadi di Pati pada penyelenggaraan Pilkada tahun 2017 dengan satu pasangan calon, mulai dari persiapan, pengangguran, sosialisasi, pemungutan suara, hingga pengalaman menghadapi gugatan-gugatan atas sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Sebagai pengantar diskusi, Supriyanto, SH, MH Anggota KPU Kabupaten Pati Divisi Teknis Penyelenggaraan mempresentasikan pengalamannya menjadi Penyelenggara Pilkada Pati 2017 dengan Satu Pasangan Calon. Hal-hal yang serius didiskusikan dalam FGD dimaksud adalah terkait tahapan Pendaftaran dan Akreditasi Pemantau, Pencalonan, Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi hingga Perselisihan Hasil Pemilihan